Subtema 2: Hebatnya Cita-Citaku
Pembelajaran 3
Perhatikan gambar yang ada di halaman 84
Di sana terdapat gambar seorang tokoh besar yang sangat
berpengaruh untuk bangsa Indonesia. Tokoh tersebut adalah seorang Patih
Kerajaan Majapahit. Dia adalah Gajah Mada.
Patih Gajah Mada memiliki cita-cita yang sangat besar, yaitu
mempersatukan pulau-pulau dan kerajaan-kerajaan yang ada saat itu menjadi satu
yaitu Nusantara!
Silahkan jawab pertanyaan-pertanyaan berikut!
1.
Apakah cita-cita Patih Gajah Mada yang teramat
tinggi saat itu?
2.
Tahukah kamu usaha apa saja yang dilakukannya
untuk mencapai cita-cita tersebut?
3. Tahukah kamu bagaimana cara Patih Gajah Mada mewujudkan cita-citanya?
Nah untuk mendapatkan jawabannya silahkan bacalah cerita tentang Gajah Mada Berikut!
Cita-Cita Besar Gajah Mada
Gajah Mada diperkirakan lahir pada awal abad ke-14, lembah
Sungai Brantas di antara Gunung Kawi dan Gunung Arjuna. Ia berasal dari
kalangan rakyat biasa, bukan dari kalangan keluarga kaya ataupun bangsawan.
Sejak kecil, dia memiliki bakat kepemimpinan yang sangat kuat melebihi
orang-orang sebaya di masanya. Konon, dia terus menempah dirinya agar masuk ke
lingkungan pasukan kerajaan.
Gajah Mada memiliki arti “Gajah yang cerdas, tangkas, dan
energik.” Memulai pekerjaannya sebagai anggota prajurit Bhayangkara. Karena
kemampuannya, ia pun diangkat menjadi kepala prajurit Bhayangkara dengan tugas
memimpin pasukan pengaman dan pengawal Raja. Pengabdian Gajah Mada dimulai pada
masa pemerintahan Raja Jayanegara (1309-1328). Berkat kerja keras dan
kepemimpinannya yang hebat, Gajah Mada menjadi seorang Patih Kerajaan Majapahit
pada masa pemerintahan Ratu Tribhuawanatatunggadewi Jayawisnuwardhani.
Pada saat hendak dilantik menjadi patih, Gajah Mada membuat
janji yang sangat terkenal hingga kini. Sebuah ikrar atau janji yang di kenal
dengan nama Sumpah Palapa.
Ia berjanji tidak ingin menikmati sebuah palapa kecuali
dapat mempersatukan daerah-daerah seperti Saran, Tanjungpura, Haru, Pahang
(Semenanjung), Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik (Singapura). Janji atau
ikrar yang ia upayakan untuk terwujud dengan menyatukan wilayah tersebut
menjadi wilayah Nusantara. Saat itu wilayah Nusantara sangat luas dari wilayah
negara Indonesia saat ini. Saat itu wilayah Nusantara meliputi seluruh
Semenanjung Melayu (Malaysia dan Singapura), Sumatera, Jawa, Kalimantan,
Sulawesi, Sunda Kecil, Bali, Maluku, Papua, hingga Wilayah Darwin (Australia)
Berdasarkan bacaan di atas, lengkapilah peta pikiran berikut
ini!
*********
Bukankah kalian sudah tahu ciri-ciri puisi juga
bagian-bagiannya, nah sekarang ayo baca lagi puisi di bawah ini dengan seksama!
Maha Patih Gajah Mada
Karya: D. Karitas
Wahai Maha Patih Gajah
Mada
Sejarah telah
mengukir nama besarmu
Sejarah telah
mengakui kepemimpinanmu
Sejarah telah
mencatat keberanianmu
Maha Patih Gajah Mada
Tak akan hilang dari
benak kami para pemuda bangsa
Kisah kepahlawananmu
Semangat pantang
menyerahmu
Dan usaha keras untuk
mewujudkan cita-citamu
Patih Gajah Mada,
Kami akan terus
membangun bangsa ini
Kami akan terus
menjaga persatuan dan kesatuan negara ini
Dan kami akan terus
menghormati, pahlawan kami.
Ayo lakukan kegiatan berikut ini ya!
1.
Ceritakan pendapatmu tentang puisi tersebut,
baca kembali bacaan tentang Gajah Mada untuk membantumu memahami puisi
tersebut.
2.
Salinlah puisi tersebut di buku tulismu dengan
menggunakan pinsil
3.
Perhatikan baris kata-kata pada bait pertama. Lalu,
gantilah beberapa kata di setiap barisnya dengan menggunakan kata-katamu
sendiri.
4.
Kamu dapat menggunakan kata-kata yang ada dalam
bacaan atau kata-katamu sendiri yang mempunyai makna hampir sama dengan
kata-kata yang kami ganti.
5.
Lakukan juga untuk baris-baris berikutnya pada
bait pertama.
6.
Bacalah kembali bait pertamamu, perbaiki jika
kamu menemukan kata-kata yang lebih baik dengan rima dan makna yang sesuai.
7.
Lakukan hal yang sama terhadap bait-bait
berikutnya.
8.
Setelah selesai baca kembali keseluruhan
puisimu.
Ayo berkreasi!
Amati kehidupan masyarakat yang ada di sekitarmu!
Apakah mereka berasal dari daerah yang sama?
Apakah nenek moyang mereka berasal dari daerah yang sama?
Bagaimana dengan suku asal mereka?
Bagaimana dengan bahasa daerah mereka?
Lakukan kegiatan berikut!
1.
Carilah informasi dua orang saja di sekitar
rumahmu tentang suku atau daerah asal mereka.
2.
Carilah gambar dan keterangan sebanyak-banyaknya
mengenai suku asal tetanggamu tersebut. Keterangan mengenai hal-hal berikut.
a.
Pulau asal dan daerahnya
b.
Bahasa daerah
c.
Pakaian adat
d.
Rumah adat
e.
Kebiasaan adat
3.
Dengan menggunakan karton manila, tuliskan semua
informasi yang kamu dapatkan dengan rapi dan menarik
4.
Lakukan wawancara dengan kedua tetanggamu tersebut
untuk mengetahui hal-hal berikut.
a.
Cara mereka bekerjasama
b.
Cara mereka menghadapi perbedaan
c.
Manfaat yang diperoleh dari bekerjasama dengan
orang yang berasal dari suku atau daerah yang berbeda.
5.
Gunakan contoh bagan berikut untuk membantu menyusun
keterangan yang kamu dapatkan. Lihat
halaman 90
6.
Presentasikan hasil kerjamu dengan
memvideokannya. Minta bantuan orang tuamu ya untuk memvideokan presentasimu
itu.
*********
Ayo Mengamati!
Beberapa sumber daya alam tersebut dapat berupa berbagai
bentang alam, seperti sungai, danau, laut, tanah persawahan dan tanah hutan. Pada
setiap bentang alam tersebut terkandung sumber daya alam, berupa air, tanah,
udara bersih, tumbuhan dan hewan.
Perhatikan daerah tempat tinggalmu. Amatilah beberapa sumber
daya alam yang ada di sekitarmu. Catatlah sumber daya alam tersebut di dalam
tbel yang terdapat pada halaman 91. Lalu lengkapi dengan keterangan manfaat
sumber daya alam tersebut bagimlingkungan sekitarmu.
Sumber Daya Alam |
Terdapat |
Manfaat |
Air |
Sungai |
·
Untuk mengairi sawah |
Berdasarkan tabel tersebut. Jawablah beberapa pertanyaan
berikut!
1.
Sumber daya alam mana saja yang paling banyak
tersedia di daerah tempat tinggalmu?
2.
Bagaimana masyarakat sekitar memanfaatkannya?
3.
Bagaimana usaha masyarakat sekitar menjaga dan
memeliharanya?
Ayo Renungkan!
1.
Nilai-nilai apa saja yang telah dipelajari dari
Patih Gajah Mada?
2.
Adakah usaha yang telah kamu lakukan untuk
mewujudkan cita-citamu?
3.
Sebutkan hal-hal apa saja yang telah kamu
dapatkan dari pembelajaran kali ini?
Okey anak-anak pembelajaran kita telah selesai ya kali ini,
semoga pembelajaran kali ini membawa keberkahan ilmu.
Akhir kata ibu mengucapkan banyak terimaksih kepada kalian
semua karena telah belajar dengan sangat giat dan tekun.
Wasalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
SEE YOU NEXT TIME.
WIRASANA VRAYATA
BalasHapusOk
HapusMuhammad hafiz dinullah
BalasHapusRasya Alif Abiyyu Dhiza
BalasHapusOk
HapusSulthan Ridhami Sukri
BalasHapusGevira Claudia afrilla
BalasHapusOk
HapusIzzatullah zidni karim
BalasHapusFilzah Amara
BalasHapusFilzah Amara
BalasHapusFilzah Amara
BalasHapusTamlikha
BalasHapus